kisah napoleon

Kisah Napoleon Bonaparte Penakluk Terkuat Sepanjang Sejarah

Napoleon ialah seorang pimpinan militer dari negara prancis dan merupakan seorang revolusioner perang dan biasa di kenal dengan napoleon I atau napoleon pertama dan menjadi kaisar prancis di tahun 1804 sampai dengan tahun 1814 selama 10 tahun masa kekuasannya napoleon berasalkan dari keluarga bangsawan lokal dengan nama napoleon bonaparte.

Sebagai seorang pria eropa napoleon memiliki perawakan yang cukup kecil tapi pengaruh yang di berikannya sangat besar terhadap semua permasalahan yang di hadapi eropa lebih dari 10 tahun kepemimpinannya atas prancis melawan kolaisi perang yang di sebut dengan perang napoleonis.

Napoleon dengan kharisma dan kekuatannya memenangkan semua pertempuran dengan baik dan cepat segera memegang kendali atas kontine eropa hingga akhirnya ia mengalami kekalahan di tahun 1815. Berkat teknik dan taktik perangnya yang sangat baik napoleon dalam sejarah eropa di anggap sebagai salah satu tokoh sentral terpenting yang menghiasi perpoilitikan dan juga panglima terhebat di sepanjang sejarah yang di akui.

Baik dalam halnya militer, politik dan sipil napoleon memiliki pengaruh yang kuat atas segala aspek yang dengan kualitasnya yang menonjol dan membuatnya memiliki pretasi yang sangat meangagumkan. Sebut saja kebijakan liberal dalam aspek pengruh sipilnya dan melanjutkannya ke ranah hukum dengan kitap undang undang napoleon yang di gunakan oleh sistem pemerintahan dunia sampai sekarang ini dimana seper empat dari negara di dunia sangat setuju dengan filosofi hukum yang di bangunnya

Sebagai anak kedua dari banyaknya saudara napoleon tepatnya bersaudara tujuh orang bonaparte lahir di kota ajaccio, korsika yaitu di tahun 1769 tepatnya pada tanggal 15 bulan agustus. Peristiwa kelahiran napoleon ini juga berlangsung tepat satu tahun setelah kepulaian itu di serahkan pada genova pada prancis.

Pada awalnya napoleon di berikan nama bounaparte dengan nama depan napoleone tapi nama ini ia ubah dan sederhanakan menjadi napoleon bonaparte. Ia berasla dari keluarga bangsawan yang berasal dari negara italia yang telah pindah ke korsika sejak abad ke enam belas.. Ayah dari napoleon sendiri merupakan seorang pengacara yang telah menjadi perwakila koriska saat raja louis ke enam belas berkuasa di tahun 1777 yang bernama nobile carlo bounaparte.

Sedangkan ibu dari napoleon bonaparte sendiri bernama maria letzia ramolino dengan seorang kakak dan 5 orang adik sebagai keluarga lengkap bounaparte. Nama para saudaranya ini adalah luciem louis, pauline, josep, elisa, jerome, dan caroline dimana napoleon sendiri di baptis sebagai orang katolik sebelum ia mencapai umur dua tahun teptnya di tahun 1771 yaitu di katedral ajaccio sendiri dan di tanggal 21 juli

Status dari keluarga bangsawan terpandang dan penuh dengan kemewahan lah yang membuat napoleon memiliki banyak kesempatan untuk belajar dan berkembang menjadi pemimpin dunia yang di segani di masanya dengan memanfaatkan koneksi dari jaringan keluarganya yang luas serta kekayaan yang berlimpah napoleon bisa menuntut ilmu sampai ke tahapan tertinggi.

Pada saat sekolah napoleon bonaparte berbicara dengan logat korsikanya yang cukup kental dan menyebabkan ia sering di cemooh atau di jadikan bahan tertawaan oleh teman temannya. namun semua ini tidak pernah menghentikan napoleon untuk mempelajari berbgai pelajaran di sekolah seperti geografi, matematika dan juga pelajaran sejarah yang di yakini membuat npoleon memiliki visi yang baik akan perkembangan bangsa. Di tahun 1784 napoleon telah menyelesaikan pendidikannya dan masuk ke dalam sekolah elte dan di didik menjadi perwira artileri.

Di masa kejayaan napoleon bisa di bilang telah menguasai hampir semua daratan eropa baik itu melalui kemampauan diplomasinya yang baik atau melalui taktik berperangnya yang di segani. Semua negara di daratan ini tunduk pada kekuasaan napoleon dan beberapa di antaranya di angkat menjadi pejabat sekaligus raja untuk setiap teritori dan tidak menutup ada yang berkhiaant padanya.

Karir bonaparte dalam dunia militer dan peperangan membuatnya menjadi panglima yang sangat di akui kemampuannya dimana ia adalah orang yang mengenalkan istilah korps yang terdiri dari kumpulan divisi. Perekrutan tentara yang di lakukan dalam jumlah besar juga membuat korps ini secara efektif mengatur tatanan militer yang ia kembangkan.

Napoleon juga sangat handal dalam menggunakan artileri di dalam reputasi berperangnya karena memang setelah lulus sekolah di brienne ia memng terlatih sebagai seorang tentara artileri yang kami sampaikan di atas. Napoleon biasanya menghindari kontak peperangan dengan menggunakan infantri dalam konfrontasional head to head dan artilerinya lah yang membuatnya bisa menjadi kesatuan militer yang baik dan kuat. Ia memilih artileeri yang bermobilitas tinggi agar semua manuver yang di gunakannya dalam pertempuran bisa berhasil dengan taktiknya yang gamblang

Dengan pemilihan meriam tepat dan dapat ia pindah pindahkan dengan baik dan skema yang telah ia mengerti maka ia bisa bermanuver dengan taktiknya sehingga infantrinya hanya di gunakan sebagai bagian dari pelengkap dan juga rencana cadangan untuk pertempuran yang lebih alot. Meski demikian napoleon bukan tak terkalahkan dan ia sering di kalahkan malahan berdasarkan fakta yang ada.