sejarah musik

Sejarah Perkembangan Musik Dari Era Ke Era

Sejarah lahir dan munculnya musik pertama kali sangat sulit di lacak dan di percaya telah ada sejak ribuan tahun lalu sebelum masehi sekalipun. Namun pada dasarnya musik yang lebih di kenal mulai berlangsung di sekitar abad ke 2 masehi dimana musik selalu berkembang dari waktu ke waktu dengan meningkatnya kesadaran dari para pendengar dan pembuat musik itu sendiri. Sehingga setiap zaman ini melahirkan musik yang khas dari satu era ke era lainya. Musik di awal abad ke dua ini berbeda setelah masuk era romawi, kemudian berkembang lagi ke era pertengahan dan hingga ke era renaisance yang melahrikan berbagai genre dari musik itu.

Perkembangn dari musik itu sendiri juga berbeda beda di setiap wilayah, misalnya musik di china tentu bisa berebda dengan wilayah eropa. Dan sejatinya di awal awal abad masehi adalah china dan mesir yang di percaya memperkenalkan musik dan pada masa itu musik masih sering di gunakan untuk melakukan upacara yang bersifat keagamaan dan irama yang terbentuk darinya masih cukup berantakan dan terus berkembang menjadi lebih baik setelahnya. Meski demikian dalam seni musik tidak seperti perkembangan teknologi yang akan semakin membaik dan memberikan manfaat secara nyata karena yang namanya seni tentu memiliki apresiasi dan penafsiran yang berbeda bagi para pendengarnya.

Musik ini kemudian berkembang lagi genre klasik di tahun 1970an dan bisa di sebut sebagai salah satu zaman keemasan dengan lahirnya banyak komposer besar di masa itu, dan musik klasik terkenal dengan dinamikanya yang lembut sekaligus keras dengan memperkenalkan sub genre seperti barok dan rakoko. serta bergantung banyak pada penggunaan nada 3 accord. Dalam zaman yang lebh modern kelahiran genre semakin banyak lagi terjadi seperti R & B, hip hop, rap, jazz, rock, pop dan lain lainnya hingga electronic pop yang sering di gusung oleh idol pop sekarang dengan genre serta sub genre yang lebih kompleks lagi

Setiap orang pada dasarnya tentu mengenal yang namanya musik, sebuah alunan irama yang bisa memberikan banyak arti dan perasaan kepada orang yang mendengarkannya. Musik ini tentunya memiliki pengertian dan kesan yang berbeda bagi setiap orang. Ada yang mendengar musik bisa mendapatkan ketenangan, ada juga yang mendengarkan musik untuk makanan bagi jiwanya, ada juga yang menjadi bersemangat setelah dengarin musik, ada juga yang mendapatkan kepuasan darinya. Yang jelas musik ada sebuah hiburan yang bisa memberikan perasaan positif kepada pendengar jika musik itu sesuai dengan selera pendengar tersebut tentunya.

Bicara soal selera juga setiap orang pastinya memiliki preferensi yang berbeda beda dari genre musik yang begitu banyak dan luas. Ada yang suka dengan pop, ada yang lebih suka dengan musik keras yang justru tidak di sukai oleh orang lainnya dan masih banyak lagi irama dengan ciri yang berbeda sehingga genre dari paling umum dan khusus pun tercipta darinya.

Di zaman abad pertengahan perkembangan musik yang awalnya lebih banyak berkembang di kalangan agama dimana gereja memainkan peranan penting dalam musik berubah nilainya dengan seiring dengan pergeseran pandangan dan budaya yang berkembang. Banyak sekali penemuan yang tersingkap pada era ini dimana beragam penemuan ter tampilkan sehingga musik mulai di nikmati hingga ke lingkup yang lebih luas dan lebih ke arah hiburan itu sendiri daripada sekedar upacara keagamaan. Beberapa komposer yang terkenal pada masa masa ini seperti gullanme dufay yang merupakan komposer dari prancis dan satu lagi dari jerman bernama adam de la halle

Berpindah ke zaman renasiance dimana era di kenal sebagai era terlahirnya kembali kebudayaan yang telah menghilang dulunya untuk mengenang kembali zaman megah romawi yang dimana musik telah di pelajari dengan ciri yang unik dengan melambangkan percintaan, dan nyanyian kasih. Pada era ini juga telah menandakan kurangnya peran musik gereja dan di ikuti dengan di temukannya alat musik baru yang di kenal hingga sekarang seperti piano dan orang bersamaan dengan itu memunculkan musik instrumental dan juga seni opera yang memadukan musik untuk di nikmati. Komposer yang terkenal pada era ini seperti Galilei, dan giovanni gabrieli dari italia dan juga jean baptiste lully dari prancis serta claudio monteverdi dari venesia.

Sedaangkan untuk zaman klasik sendri tampaknya sudah tidak perlu di perkenalkan lagi banyaknya komponis besar yang muncul pada era itu dimana dinamika dari musik klasik itu memiliki ciri lembut berpadu dengan keras yang di iringi dengan perubahan tempo dalam nadanya yang di kenal dengan istilah accelerando dan ritarteando dan juga menggunakan accord tiga nada dan penggunaan hiasan musik atau ornamentatik terbatasi dan terimprovisasi