peradaban pertama

Menelusuri Peradaban Pertama Manusia Di Dunia

Setelah beribu-ribu tahun lamanya akhirnya manusia membangun peradaban pertamanya. Disaat manusia tidak lagi hidup secara nomaden tapi dengan menetap. Sejak itulah manusia menjadi di Sosok yang lebih canggih lagi. Dengan menetap dan membangun peradaban berarti belajar untuk menata dan mengatur keharmonisan antara alam dan manusia.

Peradaban pertama Manusia sudah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu bahkan sebelum Masehi. Semua bukti-bukti penemuan yang ditemukan ini menunjukkan bahwa peradaban manusia tidak dimulai dari satu tempat saja kemudian berkembang hingga ke seluruh dunia. Tetapi pengaruh sebuah peradaban di satu tempat biasanya hanya berkembang di seputaran areanya saja.

Sedangkan di belahan bumi yang lain peradaban yang lainnya bisa saja Terbangun Sendiri tanpa adanya inspirasi dari peradaban sebelumnya. Dari artikel ini maka kami akan mempersembahkan beberapa peradaban tertua di dunia yang perlu Anda ketahui dan menarik untuk diulas. Oleh karena itu langsung saja kita masuk ke pembahasannya sekarang.

  • Mesir

peradaban Mesir telah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu tepatnya di 3100 tahun yang lalu sebelum Masehi. Dengan rajanya yang berkuasa di masa itu yang dikenal dengan nama raja Firaun. Peradaban Mesir bisa dibilang sebagai salah satu peradaban yang cukup maju, peradaban ini mempengaruhi peradaban lainnya yang disingkat sekitarnya yaitu peradaban sungai Nil.

Mesir Kuno adalah bukti dari Bagaimana nenek moyang kita memadukan pengetahuannya melalui beberapa peninggalan-peninggalan yang cukup berharga seperti kalender matahari, hieroglif dan lagiyang. Piramida dan Sphinx juga menunjukkan Bagaimana majunya peradaban Mesir pada masa itu. Tentunya anda tidak bisa membayangkan juga bagaimana orang-orang di masa itu membangun sebuah bangunan dengan bercitarasa arsitektur yang sangat memukau dan indah dimata ini.

  • Persia

Sebelum menjadi negara Iran, Persia adalah ah salah satu peradaban kuno yang yang sudah melegenda. Pada Pandi Persia tidak Setua peradaban di Mesir, tetapi kejayaan dan keagungan dari negeri ini reputasinya tidak perlu diremehkan lagi.

Berkisar sekitar 600 tahun sebelum Masehi persia menjadi salah satu negara penakluk yang sangat kuat dan mempersatukan banyak wilayah kekuasaannya. Dikenal dengan salah satu rajanya yang sangat terkenal yaitu Raja Cyrus 2.. Kekuasaan Persia membentang dari Mesir hingga Yunani dan bahkan mencapai Asia Tengah dan India.

Jika anda pernah menonton film 300 yang mengisahkan pertarungan antara Tentara Sparta dengan Persia maka anda bisa melihat bagaimana besarnya kekuatan militer dari Persia Pada masa itu. Walau demikian setiap kemegahan peradaban ada awal dan juga ada akhirnya sebelum akhirnya Persia dikalahkan oleh Alexander the great membuat peradaban Persia dan kekuasaannya serta kemegahannya berakhir di tahun 530 sebelum Masehi.

  • Aztec

peradaban Aztec terletak di negara Meksiko yang sekarang ini, dan dan bisa dibilang orang aspek adalah nenek moyang daripada orang Meksiko. Peradaban Aztec sangat dekat dengan peradaban Inca.

Kejayaan dan kemegahan suku Aztec dan peradabannya adalah bukti bahwa Amerika Tengah telah memulai peradabannya sejak sekitar 1500 tahun yang lalu sebelum Masehi. Meski aspek dan insya Allah selalu bersaingan dalam peradaban mereka yang cukup dekat lokasi geografisnya kedua peradaban Ini akhirnya ditaklukkan oleh bangsa Spanyol.

  • Romawi

 peradaban dan ke kaisaran Romawi dimulai pada abad ke-6 Masehi. Reputasi akan peradaban ini dan para penguasa yang ada pada di matanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak sekali karya-karya dan film yang ditulis dan dibuat di era yang lebih modern menceritakan kemegahan dan kelihaian dari para suku atau peradaban Romawi ini.

 Dengan banyak penguasa yang cukup bijak dan ditakuti Julius Caesar dan augustus adalah 2 orang penguasa kekaisaran Romawi yang paling populer. Bangsa yang kuat pun hampir menaklukkan seluruh daratan Eropa apa dan membuat bangsa ini berada dalam puncak kejayaannya sebelum pada akhirnya mereka ditaklukkan oleh para suku barbar dengan ironisnya.

  • China

peradaban China dimulai pada sekitar 2700 tahun yang lalu sebelum Masehi. Dan sering disebut sebagai peradaban Sungai Kuning. Sebelum didirikannya kekaisaran pertama di China yang dikenal dengan kekaisaran Han, China terdiri dari banyak negara dan bangsa.

Di sekitaran tahun 2070 sebelum Masehi dinasti xia menjadi dinasti pertama China. Peradaban ini boleh dibilang cukup maju pada tahun-tahun itu dan menjadi bukti bahwa sejarah Cina kuno memiliki peranan yang penting dalam pembentukan negara Cina yang sekarang. Dinasti xia berakhir di tahun 1912 sebelum masehi setelah ditaklukan oleh dinasti Qing dan menandakan berakhirnya kekuatan peradaban Cina kuno

  • Mesopotamia

dikenal sebagai salah satu peradaban tertua di dunia, Mesopotamia dimulai sejak 8000 tahun sebelum Masehi. Peradaban ini terletak didaerah negara Irak sekarang. Dikenal dengan bangsa nya yang disebut dengan Babilonia sumeria ini adalah bukti bahwa peradaban  Mesopotamia adalah peradaban yang paling awal yang pernah ditemukan.

Demikian artikel kami kali ini semoga bisa memberikan Anda informasi yang bermanfaat. Terima kasih sudah menyimak Sampai berjumpa di kesempatan lainnya.