sejarah perang dunia

Sejarah Ringkas Perang Dunia Pertama & Kedua

Perang adalah hal yang mengerikan, bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Tentunya tidak semua orang mengharapkan perang Walaupun ada beberapa kelompok kelompok manusia yang selalu menginginkan tingkat kawat dan terjadinya perang. Dan perang yang akan kami bahas pada artikel sejarah kali ini adalah Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Kedua. Kedua perang ini boleh dibilang orang terbesar dalam sejarah kehidupan di Bumi dimana manusia saling berperang dan memperjuangkan ideologinya.

  • Perang Dunia I

Perang Dunia Pertama terjadi secara global dan terpusat di benua Eropa. Perang ini berlangsung sekitar lebih dari 5 tahun. Perang ini bisa dibilang berlangsung dari tanggal 28 Juli tahun 1914 hingga dengan 11 November 1918. Perang ini melibatkan dua kubu. Yaitu sekutu dan blok sentral.

Para anggota dari Sekutu adalah negara Britania Raya Rusia dan Perancis. Sedangkan blok sentral terdiri dari Negara Jerman Italia Austria-hongaria.. Dalam perang ini terdapat lebih dari 70000000 tentara militer yang diterapkan pada saat itu termasuk pula 60 juta orang Eropa yang dipindahkan dalam salah satu secara terbesar peperangan dunia. Perang ini juga merenggut lebih dari 9000000 prajurit yang tewas. Dalam catatannya Perang Dunia Pertama sering disebut sebagai salah satu dari 10 perang yang paling mematikan di sepanjang sejarah dunia.

Penyebab dari Perang Dunia Pertama ini adalah berasal dari kebijakan luar negeri kekuatan besar Eropa yang dimulai dari kekaisaran Jerman dan Austria serta meningkatnya Imperium Rusia.  Perang ini terjadi ketika seorang Adipati yang bernama Franz Ferdinand yang berasal dari Austria dan juga perubahan pewaris Tahta Imperium austria-hungaria terbunuh. Orang yang melakukan pembunuhan ini adalah seorang yang berkebangsaan Yugoslavia.

Akibat dari pembusukan itu maka ultimatum yang disebut dengan Ultimatum Habsburg Semenjak itu sejumlah aliansi mulai dibentuk Sehingga dalam kurun waktu yang singkat mereka semua terlibat dalam perang di masing-masing koloni. Perang di koloni ini yang mengakibatkan konflik semakin besar tersebar hingga ke seluruh dunia.

Dalam perang dunia pertama cukup banyak dukungan dan tantangan yang diberikan. Tentunya yang mendukung perang ini adalah para nasionalis dari Yugoslavia yang memimpin kan kebebasan dari kekangan austria-hongaria. Komisi pendukung perang dunia ini didirikan dan dipimpin langsung oleh ante trumbic. Dukungan ini juga muncul di timur tengah dimana para nasionalisme Arab mengobarkan teritori usmaniyah sebagai bentuk respon atas meningkatnya nasionalisme Turki selama peperangan.

Di tempat lain rasionalisme Italia mendukung terjadinya pergerakan perang yang terjadi. Namun dalam tatanan para sosialis Anda bagian-bagian yang mendukung perang tersebut dan penantangnya. Baik pro dan kontra terhadap Perang Dunia Pertama tentulah memberikan dampak dan korban yang merupakan sejarah kelam manusia.

  • Perang Dunia II

Sedangkan untuk perang dunia ke-2 berlangsung di antara 1 September tahun 1939 hingga dengan uang 1945. Tempatnya perang ini berlangsung selama 6 tahun 1 hari. Seperti halnya Perang Dunia Pertama perang dunia kedua juga merupakan perang yang sangat menglobal dan juga terpuust. Bandingkan Perang Dunia Pertama perang dunia ke-2 melibatkan lebih banyak negara lagi dan sebuah kekuatan besar di dunia.

Perang ini bisa dibilang sebagai orang yang sangat luas di dalam sejarah umat manusia dan melibatkan lebih dari ratusan juta pasukan militer. Dalam perang berskala besar ini maka semua sektor pasti industri dan ekonomi dikerahkan habis-habisan untuk memenuhi sumberdaya peperangan dan membuat dalam keadaan yang sangat kacau balau di waktu itu.

Perang dunia ke-2 memakan korban yang sangat luas diperkirakan sebanyak meninggal dalam konflik perang dunia ini. Lokasi yang terjadi peperangan di perang dunia kedua ini berlangsung di hampir seluruh daratan Eropa Pacific Atlantik hingga ke Asia Tenggara dan bahkan Timur Tengah dan Afrika dan juga Amerika.

Sama seperti Perang Dunia Pertama perang dunia kedua juga kiri atas dua kubu yaitu kubu sekutu dan poros. Anggota para Kuwu sekutu adalah Uni Soviet Amerika Serikat Britania dan banyak banyak negara lainnya Eropa lainnya seperti Perancis Polandia Kanada Australia Afrika hingga Norwegia Belanda Belgia cekoslovakia. Sedangkan kubu poros ditunggangi oleh tiga negara yaitu Jerman dengan NAZI nya Jepang dan Italia.  negara-negara pendukung poros juga terdapat honggaria rumahnya dan Bulgaria perang ini kemudian juga melibatkan Finlandia Thailand Irak Spanyol dan memunculkan beberapa negara boneka bagi ke-20 seperti Filipina dan lain-lain.

Jejak-jejak peperangan di perang dunia ke-2 sebenarnya telah berlangsung di tahun 1937 ke kaisaran Jepang dengan mendominasi Asia Timur dan memulai perang dengan republik Tiongkok. Meski demikian secara resmi yang berlangsung di tanggal 1 September tahun 1939 dengan masuknya invasi Polandia oleh Jerman yang kemudian dibalas dengan pernyataan orang dari Perancis dan Britania. Semenjak itu Zaman kemudian menggaet porosnya bersama Italia dan akhirnya tahun 1941 Jepang ikut dengan bergabung menjadi bagian dari kubu poros.

Dampak dari Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Kedua cukup banyak sekali terutama dengan dijatuhi nuklir oleh Amerika Serikat yang membuat perubahan tatanan politik dan lingkungan secara global Sejak saat itu.