Sejarah Pilu Gua Jepang Di Bandung

6 Tempat Wisata di Indonesia Dulunya Memiliki Sejarah Pilu

Tempat wisata biasanya menjadi tempat yang menyenangkan. Apalagi jika berwisata bersama keluarga, pastinya akan penuh dengan keseruan dan kegembiraan. Tapi siapa sangka jika beberapa tempat wisata menjadi saksi bisu dari peristiwa pembantaian yang sungguh kejam. Dibalik keelokannya, ternyata banyak tempat wisata yang menyimpan misteri dengan rangkaian sejarah yang sungguh menyeramkan.

Tempat Wisata di Indonesia yang Memiliki Sejarah Menyeramkan

 Indonesia sendiri memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah dan mempesona. Tapi beberapa wisata berikut ini ternyata memiliki kisah yang pilu dan juga menyeramkan.

  1. Gua Jomblang di Yogyakarta

Gua Jomblang adalah salah satu gua yang cukup terkenal di Indonesia terutama di kalangan para pecinta travelling. Lokasi Gua ini terletak di Semanu, Yogyakarta. Anda yang berwisata alam disini akan melihat sinar matahari yang begitu indah. Orang-orang sering menyebutnya dengan “cahaya surga”. Tapi ternyata, dibalik keindahan sinar mataharinya, Gua Jomblang ini dulunya menjadi tempat pembantaian massal dilakukan. Dimana pembantaian dilakukan terhadap ratusan orang tersebut dituduh terlibat PKI atau Partai Komunis Indonesia. Ratusan orang dibariskan di pinggiran mulut gua. Tanggannya terikat satu dengan yang lain. Jadi, saat satu orang ditembak, maka seluruh orang yang ada disana pun akan terjatuh dan tewas mengenaskan.

  1. Museum Fatahillah di Jakarta Barat

Museum Fatahillah sepertinya bukan hal asing lagi didengar. Museum satu ini berada di Kawasan Kota Tua. Banyak kaum millenials yang menjadikan tempat ini sebagai tempat berkumpul. Ada juga orang-orang yang memboyong keluarganya untuk berpiknik gembira. Sebelum dijadikan sebagai destinasi wisata, ternyata Museum Fatahilah sempat menjadi tempat penjara dan eksekusi. Tepatnya di tahun 1749, Adriaan Valckenier yang dulunya menjabat sebagai Gubernur Hindia Belanda memerintahkan orang-orang Tionghoa dengan jumlah yang banyak bahkan ribuan orang berbaris di depan museum. Mereka lalu dieksekusi dengan cara yang sadis oleh para algojo yang sudah disiapkan sebelumnya. Peristiwa ini pun dikenal sebagai peristiwa Geger Pecinan.

  1. Hutan Jati Petak di Jawa Tengah

Selanjutnya ada Hutan Jati Petak 45f yang lokasinya berada di Desa Darupono. Masyarakat percaya jika hutan ini adalah tempat angker. Hal ini bukan tanpa alasan, pada tahun 1965 silam, kawasan ini sempat menjadi lokasi pembantaian yang dilakukan kepada orang-orang yang diduga simpatisan PKI. Para pengikut partai ini dipaksa menggali lubang yang akan digunakan untuk makamnya sendiri sebelum ditembak dengan senjata.

  1. Pulau Nusa Barung di Jawa Timur

Jawa Timur atau tepatnya di Dewa Puger juga memiliki tempat wisata yang memiliki sejarah yang menyeramkan yaitu Pulau Nusa Barung. Pulau ini terkenal akan keindahannya yang benar-benar alami. Memiliki pasir yang berwarna putih bersih, hutan hijau yang mengelilingi serta memiliki air laut berwarna biru kehijauan membuat pulau ini begitu mempesona. Tapi di balik kecantikannya. Pulau ini pernah menjadi lokasi terjadinya peperangan yang dilakukan oleh Kerajaan Blambangan dan juga Pemerintahan Belanda. Banyak orang tewas akibat peperangan kala itu. Dan sejak saat itu, pulau ini jadi pulau terlarang. Tapi tahun 1920, Pulau Nusa Barung pun resmi menjadi salah satu cagar alam di Indonesia.

  1. Pulau Kumala, Kalimantan Timur

Pulau Kumala masuk ke dalam deretan destinasi wisata yang memiliki kisah pilu. Pulau ini berlokasi di Kota Tenggarong. Pulau ini benar-benar instagramable dan juga banyak wisatawan yang mengunjunginya. Dengan wilayah seluas 76 hektare dan memiliki banyak spot untuk berselfie-ria membuat tempat wisata ini banyak digemari. Tapi siapa sangka jika lokasi ini merupakan pulau kosong? Pulau ini lama tak terjamah oleh manusia sehingga dipercaya menjadi sarangnya para makhluk halus. Ada banyak orang yang mengaku pernah diganggu oleh penampakan makhluk ghaib di tempat ini.

  1. Gua Jepang di Bandung

Dan terakhir, ada Gua Jepang yang juga memiliki cerita kelam di masa lalu. Gua yang ada di Bandung ini sudah dibangun sejak tahun 1942 atau sebelum negara Indonesia merdeka. Suasana yang ada di gua ini juga gelap dan lembab. Lorong-lorong Gua Jepang dulunya menjadi saksi bisu atas tewasnya para pekerja paksa atau romusha. Mereka tawas saat proses berlangsungnya gua pertahanan yang dibangun dalam kurun waktu 3 tahun. Banyak prajurit Jepang yang terbunuh oleh sekutu di akhir tahun 1945.

Tips Memasuki Tempat Wisata yang Memiliki Sejarah Kelam

Setelah mengetahui jika beberapa destinasi di Indonesia dulunya memiliki sejarah yang kelam, maka Anda tidak perlu takut. Karena tempat-tempat wisata tersebut tetap menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tapi ada baiknya Anda juga tetap harus menjaga sopan-santun, tidak membuang sampah sembarangan, tidak berbicara hal buruk atau mengucapkan kata-kata kotor serta selalu berdo’a dan meminta perlindungan dari Yang Maha Kuasa. Karena di tempat manapun pasti memiliki kisah dibaliknya.