revolusi industri

Revolusi Industri Yang Mengubah Wajah Dunia

Ada 1 masa di dalam peradaban manusia dimana masa tersebut merupakan masa-masa yang sangat penting dan memberikan perkembangan yang signifikan dan kehidupan dan utilitas keunggulan manusia itu sendiri. Masalah tersebut disebut juga dengan masa revolusi industri. Dimana Pada masa ini terjadi perubahan yang terjadi secara besar-besaran massal dan berlangsung dengan sangat cepat sehingga terjadinya perubahan yang berakibat besar juga dalam aspek kehidupan manusia.

Perubahan ini terjadi karena adanya alat-alat dan teknologi-teknologi yang menunjang sehingga pada awalnya pekerjaan yang dilakukan melalui tenaga manusia bisa digantikan dengan mesin dan kecanggihan teknologinya. Perubahan ini membawa dampak yang sangat besar dalam hal nya dunia produksi yang kemudian mengaitkan ke aspek-aspek kehidupan lainnya. Kapan terjadinya sejarah ini dan bagaimana berlangsungnya akan kamu Jelaskan dan uraikan lebih jauh di bawah ini.

Perkembangan revolusi industri adalah proses perubahan tiga aspek mendasar dalam kehidupan manusia yang disebut dengan ekonomi kerajinan dan Agraria yang disentralisasikan atau diintegrasikan dalam industri serta manufaktur mesin, itulah yang dilansir oleh sejumlah definisi definisi dari ensiklopedia maupun yang kami telusuri.

Proses ini berlangsung pertama kali di tanah Britania Raya atau negara Inggris yaitu abad ke-18 dimana terjadi pada rentang tahun 1760 hingga 1840. Selama 80 tahun ini pekerjaan yang sebelumnya dilangsungkan dengan memanfaatkan tenaga hewan maupun tenaga manusia itu sendiri tergantikan dengan mesin.Efek Ini memberikan proses percepatan produksi dalam jumlah massal yang sangat singkat dibandingkan sebelumnya.

Pada dasarnya ada 4 faktor yang sangat mendasar mempengaruhi terjadinya Revolusi Industri dan dimulainya era ini. Dalam halnya bidang teknologi perubahan pada penggunaan barang-barang dasar seperti besi maupun baju dan juga penggunaan sumber energi baru yang termasuk bahan bakar dan tenaga penggerak seperti temukannya mesin uap dan listrik sehingga menyebabkan teknologi ini mampu termanfaatkan dengan baik.

Meski demikian revolusi industri tercipta karena adanya sebuah latar belakang yang sangat mendukung akan proses semua ini yaitu di mana Pada saat itu di negara Inggris situasi politiknya sangatlah stabil. Sinkronisasi antara raja yang taat dengan undang-undang yang dibentuk dan interaksinya dengan penarikan pajak beserta persetujuan parlemen membuat situasi politik di negara Inggris pada masa itu sangatlah mendukung untuk kesuburan pertumbuhan.

Selain itu Inggris sendiri juga penuh dengan bahan tambang seperti biji besi, timah batubara dan kaolin peternakan wol yang juga memberikan imbas industri tekstil di masa itu. Dengan ditemukannya mesin uap oleh James Watt dan mesin-mesin yang lain sehingga meningkatkan hasil produksi isi serta menyederhanakan proses pekerjaan yang dibutuhkan sehingga proses era revolusi industri berjalan dengan sangat lancar dan penuh permintaan.

Dari segi modal kemakmuran dari Imperial juga memberikan sumbangan dan faktor pembantu yang signifikan sehingga bisa memberikan asupan dada ke Para kapitalis. Perdagangan yang Inggris lakukan dan penjajahan ke berbagai negara pembuat Inggris sangatlah kaya di masa itu. Jangan lupakan bahwasanya daerah-daerah jajahan Inggris juga menyediakan sumber daya alam yang tentunya akan membuat revolusi industri ini menjadi sebuah momen bola salju yang membesar dengan sangat cepat dan maju.

Upaya pemerintah dalam ini juga terlihat sangat tinggi yaitu dengan memberikan hak paten atas hasil-hasil penemuan baru. Dengan dihadirkannya perlindungan hukum ini akan mendorong lebih banyak kegiatan-kegiatan untuk melakukan kreasi dan menciptakan intelejensi yang lebih tinggi lagi. Banyak Institut Teknologi yang terbentuk pada masa itu dan bekerjasama diantara sesama ilmuwan untuk mengembangkan dan memajukan revolusi industri Pada masa itu.

Pengaruh dari arus urbanisasi yang terjadi berkat revolusi agraria sendiri Pada masa itu juga memberikan dampak yang besar dalam membuat industri yang lebih banyak agar memenuhi permintaan. Akibat dari revolusi industri ini maka Inggris menjadi salah satu negara yang sangat maju dan modern dengan kota kota pusat industri nya seperti Liverpool, Birmingham dan Manchester. Yang kemudian berkembang ke aspek-aspek lainnya seperti dalam segi politik sosial baik dalam negeri maupun luar negeri.

Barang-barang yang dijual murah ketika dan ditawarkan dalam jumlah yang sangat melimpah. Akibatnya masyarakat juga mendapatkan barang-barang dengan harga yang lebih murah dan meningkatkan kemudahan dan taraf hidup dalam rumah tangga mereka. Di sisi lain para pengrajin dan pengusaha kecil gulung tikar dengan terpaksa karena tergeser oleh produk-produk dari industri.

Namun perdagangan dan jiwa wirausaha semakin meningkat pada masa ini dan sesudahnya berkat peralatan komunikasi yang modern produksi dan suplai barang yang banyak juga melebarkan perdagangan internasional. Padahalnya bidang sosial urbanisasi menjadi semakin meningkat dengan arus migrasi yang membuat banyaknya para warga berpindah ke kota-kota dengan pusat kegiatan industri agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan layak.

Pada waktu itu gaji buruh sangatlah reda dan mendorong munculnya lebih banyak pengusaha. Siklus ini berbuat terjadinya kesenjangan sosial antara para majikan dan para guru sehingga memunculkan imperialisme modern.