Legenda Sejarah Banyuwangi

Legenda Sejarah Dan Perkembangan Kabupaten Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kota kabupaten yang berada di paling ujung timur pulau Jawa. Kabupaten ini terkenal akan banyal hal mulai dari kuliner, adat hingga tempat-tempat wisata terbaik yang ada di dalamnya. Sebelum terkenal dengan sebutan sunrise of java, kabupaten ini punya sejarah yang panjang dan legenda yang sudah sangat terkenal. Kota berjuluk wangi ini memang telah menyimpan catatan sejarah khusus yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Berbatasan langsung dengan laut dan dermaga saat ingin menyebrang ke Bali mau tak mau menjadi salah satu pintu masuk wisata yang sangat penting.

Banyuwangi sendiri telah menorehkan banyak sekali penghargaan baik nasional maupun internasional yang bisa digunakan sebagai salau satu penunjang banyaknya pihak yang datang. Daya tarik lain yang memikat dari banyuwangi adalah sejarah terbentuknya dan legenda yang diceritakan turun temurun oleh banyak kalangan. Legenda ini lah yang memikat banyak pihak sehingga masyarakat yang mengikutinya juga menjadi semakin tertarik untuk mengeksplorasi kabupaten satu ini.

Legenda Terbentuknya Banyuwangi

Banyak sejarahwan yang mengatakan Banyuwangi ini merupakan salah satu kawasan yang sangat penuh legenda. Yang paling terkenal adalah legenda terbentuknya Banyuwangi. Dikisahkan zaman dahulu kala terdapat sebuah kerajaan yang cukup besar. Cerita dimulai ketika raja memiliki istri dan ditinggal ke suatu wilayah untuk berperang. Karena adanya pihak-pihak yang tidak menyukai istri raja tersebut maka timbul lah fitnah yang mengatakan bahwa sang istri melakukan perselingkuhan dengan orang lain.

Raja yang marah dan merasa dihianati akhirnya menyakiti istrinya. Istri raja tersebut yang tak merasa bersalah akhirnya memberikan keputusan pada rajanya. Mereka pergi ke sebuah sungai yang alirannya sangat deras. Disana istrinya berkata apabila nantinya kau membunuhku dan badanku kau jatuhkan ke air dan air menjadi wangi maka aku tidak bersalah. Sedangkan jika air berbau busuk maka aku memang bersalah. Setelah tubuh si istri jatuh ke sungai ternyata air yang ada disana jadi berbau wangi. Dari sini lah sebutan orang-orang pada kabupaten Banyiwangi berasal.

Potensi Wisata Kabupaten Banyuwangi

Setelah ratusan tahun berlalu antara kebenaran sejarah dan legenda yang ada, Banyuwangi kini tumbuh menjadi salah satu kota wisata yang sangat terkenal. Potensi yang bisa dijadikan kawasan wisata di kabupaten ini sangat banyak. Berbagai wahana yang bisa dimanfaatkan oleh kabupaten ini memang sangat banyak. Wisata kota dan alam merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh kabupaten kota ini. Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Banyuwangi adalah kawasan wisata gunung ijen. Wisata yang terkenal dengan api kawah biru ini memang sangat memukau wisatawan baik dari dalam maupun mancanegara.

Di dunia hanya api biru kawah ijen lah yang bisa ditemukan di dunia. Hal ini menarim perhatian banyak pihak untuk melihat secara langsung api tersebut. Tempat pendakian kawah ijen ini memiliki trek yang sudah sangat gampang diakses, walau tingkat kemiringannya cukup tinggi dan menyulitkan untuk naik karena tanjakan-tanjakan yang ada, para pengunjungpun akan disuguhi dengan pemandangan banyak penambang belerang yang lalu lalang dengan belerang di pundak mereka. Belerang adalah salah satu komoditi terbesar dari kawasan ini. Cara penambangannya yang masih sangat sederhana membuat banyak orang kagum dengan kekuatan kaki dan tubuh para penambang yang setiap hari bisa berjalan bolak balik naik turun gunung dengan beban puluhan kilogram di pundak mereka.

Selain kawasan gunung, pantai juga jadi kawasan wisata yang sangat terkenal di kabupaten ini. Terdapat kawasan pantai dengan ombak besar yang sangat terkenal di dunia. Ombak yang dicari para peselancar ini berada di kawasan pantai plengkung. Pantai yang cukup tersembunyi ini memang menjadi kawasan khusus para peselancar dari luar negeri untuk menjajal ganasnya ombak. Selain kawasan dengan ombak yang tinggi, Banyuwangi juga memiliki satu pantai lagi yang tak kalah terkenal yaitu pantai pulau merah. Julukan ini diambil dari sebuah gundukan besar di dekat pantai yang mana saat sore hari gundukan yang disebut dengan pulau ini bisa memancarkan warna kemerahan yang menawan.

Saat air surut pada pukul empat dan lima sore pengunjung bahkan bisa berjalan kaki untuk menuju ke kawasan pulau tersebut. Berbagai tempat wisata ini ditunjang dengan sarana transportasi yang juga sangat lengkap. Banyak jalur yang bisa diambil oleh calon wisatawan yang datang. Apabila wisatawan berasal dari bagian timur seperti Bali maka jalur yang paling mudah adalah lewat laut dengan penyebrangan kapal feri. Sedangkan yang berasal dari jawa bisa memilih sarana transportasi darat ataupun udara. Banyuwangi telah melengkapi fasilitas mereka dengan bandara yang berkelas dan bertaraf internasional sehingga kualitas pelayanan juga tak perlu diragukan lagi.