Peristiwa Bersejarah Di Hari Natal

Beberapa Peristiwa Sejarah Yang Terjadi Tepat di Hari Natal

Peristiwa bersejarah sepertinya tidak pernah memandang hari ataupun waktu. Terkadang peristiwa ini dapat terjadi di hari-hari biasa tapi terkadang juga peristiwa bersejarah dapat terjadi di hari penting. Apalagi ada banyak peristiwa bersejarah yang nyatanya terjadi di hari-hari besar agama tertentu salah satunya adalah Hari Natal. Hari Natal umumnya diperingati umat Kristiani sebagai hari lahirnya Yesus Kristus. Tapi bagaimana jika ternyata selain hari Natal, terdapat momen penting dan bersejarah lain? Tentu ini akan membuat kita lebih mengingat moment-moment bersejarah ini.

Peristiwa Sejarah yang Terjadi Tepat di Hari Natal

Ada beberapa peristiwa bersejarah yang ternyata terjadi tepat di Hari Kelahiran Yesus Kristus atau Hari Natal. Peristiwa-peristiwa tersebut diantaranya:

  1. Charlemagne Menjadi Kaisar Romawi Suci

Charlemagne atau yang lebih dikenal sebagai Bapak Eropa ini merupakan seorang raja berkebangsaan Franka. Ia berhasil menyatukan hampir seluruh benua Eropa yang berada di bawah Kekaisaran Carolingian. Sejak akhir 700-an, Charlemagne membuat sebuah kerajaan yang cukup luas dengan menggunakan kampanye militer yang dinilai agresif kala itu.

Kampanye ini dilakukan saat melawan kaunm Saxon, Avar dan juga Lombard. Charlemagne adalah seorang Katolik yang sangat taat. Belaiu juga mengubah rakyatnya secara agresif menjadi penganut Katolik juga dan membuat lembaga agama yang sangat ketat. Charlemagne dimahkotai oleh Paus Lao III untuk menjadi Kaisar Romawi tepat di Hari Natal pada tahun 800 M.

  1. William Menjadi Raja Inggris

Selain itu, ada juga peristiwa bersejarah lain di hari Natal yakni William yang dikenal sebagai Sang Penakluk dimana beliau dimahkotai untuk menjadi Raja Inggris di Westminster Abbey. Invasi legendaris William yang dilakukan terhadap Kepulauan Inggris  membuat penobatan ini dilakukan.  Dengan berakhirnya invasi tersebut maka terjadi kemenangan yang didapatkan Raja Harold II pada saat pertempuran Hastings kala itu.

Kemudian, Pemerintahan William mengubah budaya yang sudah ada di Inggris salah satunya memasukkan hukum normal kedalam hukum Inggris. Ia juga membagun beberapa bangunan yang terkenal saat ini seperti Menara London. Willian pun memberikan hadiah tanah untuk para sekutunya yang bisa berbicara dengan menggunakan bahasa Prancis. Ini membuat terjadinya perubahan besar dimana bahasa Inggris tidak hanya menjadi bahasa permanen saja tapi juga hampir sepertiga bahasa Inggris yang modern ternyata berasal dari bahasa Prancis.

  1. Klimaks Perang Revolusi Amerika

Di hari yang sama dengan Hari Kelahiran Yesus Kristus, perang Revolusi yang terjadi di Amerika akhirnya mencapai klimaks yang diprediksi bahwa kemenangan ada di pihak Amerika. Karena ingin mendapatkan kemenangan, maka di Hari Natal pada tahun 1776, Jenderal George Washington pun memimpin lebih dari 2000 tentara Kontinental dan meminta mereka menyeberangi Sungai Delaware pada tengah malam yang sangat dingin saat itu.

Di pagi harinya, George Washington dan pasukannya pun langsung menyerang wilayah Trenton secara mendadak. Tapi karena pasukan kontinental belum siap mempertahankan kota itu, akhirnya mereka terpaksa kembali menyeberangi Delaware pada hari yang sama. Tapi bedanya, ada hampir 1000 orang yang akan membantu dimana orang-orang ini merupakan tahanan Hessian. Washington berhasil mencetak kemenangan secara beruntun.

  1. Gencatan Senjata di Hari Natal

Tahun 1914 menjadi saksi bisu untuk semangat Natal yang diraakan di tempat-tempat yang tidak mungkin salah satunya Perang Duina 1. Mulai dari tanggal 24 Desember tepat di malam harinya, ada sejumlah tentara yang berasal dari Jerman, Prancis dan Inggris di Belgia yang memulai gencatan senjata. Gencatan senjata ini dimulai saat tentara Jerman menghias parit dengan menggunakan lilin dan pohon natal kemudian mereka pun menyanyikan beberapa lagu Natal salah satunya Silent Night.

  1. Hirohito Diangkat Menjadi Kaisar Jepang

Tidak banyak yang tahu jika Hirohito menjadi Kaisar Jepang pada Hari Natal tahun 1926. Hirohito menggantikan posisi ayahnya Kaisar Taisho yang meningal dunia. Diangkatnya Hirohito sebagai pemimpin tinggi menandai akhirnya era Taisho dan menjadi awal dari era Showa. Karena itu Hirohito sering disebut Kaisar Shoewa. Tapi Hirohito baru dilantik secara resmi setelah 2 tahun dari kejadian tersebut.

Peristiwa Sejarah Bisa Terjadi di Hari Apa Saja

Meskipun ada banyak peristiwa sejarah yang terjadi di Hari Natal atau hari dimaan Kelahiran Yesus Kristus terjadi, tapi Anda harus tetap ingat bahwasanya hari bersejarah ini dapat terjadi kapan saja. Karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Hari Natal tetap menjadi hari penting bagi Umat Kristiani dimana peristiwa ini akan dimaknai sebagai cinta kasih Allah kepada umat manusia dan menjadi wujud solidaritas pencipta dengan umat ke sejarah hidup umat manusia. Jadi meski terjadi peristiwa besar di hari yang sama dengan hari Natal, bukan berarti Hari Natal menjadi tidak penting. Peristiwa sejarah ini masih bisa diperingati bersamaan dengan hari Natal.