Wabah Black Death

Wabah-Wabah Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Bagi masyarakat di tahun 2020 ini mungkin pandemi virus corona sudah termasuk yang paling mengerikan. Tetapi sejarah mencatat bahkan ratusan tahun lalu telah tersebar wabah yang lebih menakutkan dibadingkan dengan wabah covid19 ini. Dengan teknologi kedokteran yang canggih di era modern ini telah banyak pihak yang mengembangkan vaksin dan melalukan pengobatan terbaik. Bahkan semua dipermudah dengan adanya teknologi informasi beserta dengan fasilitas komunikasi yang memadai sehingga proses untuk pencegahannya juga semakin gampang. Virus serta bakteri masih menjadi penyebab utama mengapa banyak terjadi wabah-wabah besar yang mungkin tak akan hilang begitu saja di beberapa tahun kedepan.

4 Wabah Penyakit Paling Menggemparkan Dunia

  1. Black death

Pada pertengahan abad ke 14 eropa mulai dirundung sebuah wabah mematikan. Wabah yang muncul pada tahun 1347-1351 mulai menyerang dataran Eropa dengan sangat hebat. Pada saat dimana penyakit ini muncul ilmu kedokteran belum lah berkembang seperti sekarang ini. Hampir sepertiga penduduk Eropa tewas karena wabah satu ini. Wabah ini disebabkan oleh bakteri dan virus yang lebih dikenal dengan Pes. Persebarannya juga sangat mudah karena banyaknya pedagang luar negara yang terus saling terhubung sehingga persebaran bakteri tak bisa dicegah. Wabah ini dinilai paling mengerikan karena tak hanya penyakit yang menyerang tetapi juga banyaknya orang yang dikucilkan akibat terindikasi penyakit ini. Hal tersebut mau tak mau membuat banyak pihak merugi bahkan di masa yang belum modern seperti saat itu.

  1. Cacar air

Pandemi lain yang terjadi pada tahun 1500an yang menyebakan puluhan juta orang harus meregang nyawa sia-sia adalah cacar air. Pada masa modern seperti sekarang ini mungkin cacar air adalah hal biasa. Dengan sedikit vaksin dan perawatan penyakit ini akan dengan mudah diobati. Tetapi 500 tahun lalu sebelum pengobatan benar-benar mulai menunjukan kemajuan para penjajah dari Spanyol membawa membawa virus ini ke dataran Meksiko. Meksiko yang kala itu menjadi salah satu daerah jajahan mulai menjadi tempat yang sangat mengerikan. Banyak keluarga yang meninggal karena cacar air ini. Rumah-rumah dirobohkan bahkan sampai kremasi masal menjadi pemandangan yang sangat biasa kala pandemi melanda. Bahkan cacar air ini juga mulai meluas ke dataran Amerika selatan hingga banyak penduduk yang terjangkit dan jatuhnya berbagai peradaban sebab tidak adanya pengobatan yang layak. Suku asli Amerika melakukan pengobatan dengan cara tradisional yang malah membuatnya memperburuk keadaan dan memperbanyak orang yang terkena penyakit ini.

  1. Flu spanyol

Berkaca dari pandemi yang ada saat ini mungkin flu spanyol juga jadi hal yang sangat mengerikan. Flu ini terbagi dalam dua gelombang yang memakan jutaan orang. Tanda penyebaran flu ini juga hampir serupa dengan covid19 yang mana gejala orang yang menderitanya diawali dari rasa batuk dan pilek. Yang menjadikan wabah ini sangat menakutkan adalah wabah pertama terjadi dengan pencegahan yang cukup baik karena era yang sudah mulai modern. Akan tetapi setelah wabah mereda dan aktivitas mulai dilakukan kembali banyak orang yang merayakannya dengan berkumpul serta melakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang. Karena ini lah lalu muncul flu Spanyol gelombang kedua. Jumlah korban yang berjatuhan di gelombang kedua ini jauh lebih banyak dibandingkan gelombang yang pertama sehingga membuat wabah ini jadi salah satu wabah yang sangat menakutkan.

  1. Covid19

Tentu yang sedang kita hadapi saat ini juga jadi hal yang patut untuk diperhatikan. Corona atau lebih dikenal dengan covid19 adalah wabah yang pertama kali muncul di wuhan china. Wabah ini ditularkan dari hewan ke manusia dan mulai meluas hingga ke seluruh dunia. Wabah yang mulanya hanya dianggap sebagai penyakit batuk biasa ini mulai menular dari manusia ke manusia. Kerasnya gelombang turis yang datang ke china membuat virus ini menyebar ke seluruh dunia. Efek yang ditimbulkan sangat besar karena wabah ini membuat portal penerbangan hingga jalur ekonomi diputus dengan total. Masyarakat juga harus diam di rumah sampai batas waktu yang tidak tentukan. Hingga sekarang pemerintah juga badan kesehatan dunia masih mencari solusi yang paling tepat untuk mengatasi virus ini.

Tips Menjaga Diri Agar Terhindar Dari Bakteri Dan Virus

Virus ataupun bakteri yang datang memang tak akan diduga-duga. Hanya pencegahan dari diri sendiri lah yang bisa dilakukan. Hal yang wajib dilakukan agar terhindar adalah selalu menjaga kebersihan. Mengutamakan kebersihan lingkungan sekitar dan tidak melakukan kontak langsung dengan penderita bisa menjadi salah satu solusi yang aman. Selain itu menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang bergizi seimbang akan membuat daya tahan tubuh jadi lebih kuat. Semakin kuat imunitas seseorang maka akan semakin besar peluang untuk terhindar dari penyakit.