sejarah manusia

Mempelajari Sejarah Nenek Moyang Manusia

Manusia yang pertama muncul di bumi terjadi di benua Afrika. Kemunculan ini terjadi sejak 2000 tahun yang lalu dan dikenal dengan manusia modern dengan namanya yang disebut dengan homo sapiens. Ada banyak antropolog yang masih tidak mengetahui perbedaan antara kelompok-kelompok manusia yang saling berinteraksi dan mengawini satu sama lain. Tapi berdasarkan temuan terbaru dan penelitian yang ada para arkeologi dan geologi menyatakan bahwa ada hal-hal baru yang mereka bisa temukan dan membawa pada jejak-jejak pengetahuan ke level berikutnya.

Kemunculan manusia pertama

satu dari spesies yang paling pertama yang muncul adalah homo habilis atau disebut dengan anne-marie siap bertangan yang hidup di antara 2,5 juta tahun yang lalu sampai satu setengah juta tahun yang lalu di sebelah timur dan selatan Afrika. Selain itu ada umur rudolfensis yang hidup di Afrika di tahun 1,9 tahun yang lalu sampai 1,8 tahun yang lalu Spesies ini kemudian berkembang ke 1,89 juta tahun lalu tinggal 110000 tahun yang lalu hingga ke China dan Indonesia sekarang.

Evolusi manusia

para ahli ilmu pengetahuan percaya kalau semua kelompok manusia di masa lalu hingga manusia masa sekarang setelah menikah dengan neanderthal setelah mereka bermigrasi keluar dari Afrika menuju Eropa dan Asia sekitar 70000 tahun yang lalu. Perkawinan antara manusia dengan neanderthal ini disebut dengan denisovans. Kemudian denisovan lagi dengan manusia sehingga silsilah orisinalitas manusia sangat sulit untuk ditentukan.

Dengan penemuan ini maka ada baiknya berpikir evolusi manusia adalah sistem perkawinan silang yang cukup banyak dari ras-ras lainnya. Secara singkat bisa dikatakan DNA manusia terdiri dari berbagai spesies manusia purba di awal awal peradaban. 1 penemuan akan membuat pertanyaan yang baru dan terus bermunculan sehingga sulit sekali untuk menentukan orisinalitas manusia.

Proses yang berlangsung sangat lama ini tentu lebih mengaburkan kan Penelitian yang dilakukan. Dari proses berjalan dengan kedua kaki yang sudah ber evolusi 4 juta tahun yang lalu. Pada dasarnya manusia adalah primata isi dan genetik yang serupa ini terlihat pada susunan modern bentuk manusia yang sekarang homo sapien juga memiliki susunan genetik yang sangat persis dengan manusia.

Orisinalitas Manusia Yang Kompleks

Para ahli setuju bahwasannya sekarang ini, terdapat 20 lebih spesies manusia di awal peradaban Meskipun tidak semua ahli setuju dengan Ahli. Semua ini akhirnya tidak memberikan kesimpulan akan orisinalitas manusia. Manusia pertama migrasi keluar dari Afrika sekitar 2000000 tahun yang lalu hingga 1,8 tahun yang lalu mereka memasuki Eropa kemudian di tahun 1 tahun yang lalu hingga 1000000 tahun yang lalu manusia pertama yang ke Australia kemungkinan sejak 60000 tahun yang lalu dan Amerika dimulai sejak 30000 tahun yang lalu proses pertanian yang paling pertama di peradaban paling awal terjadi sekitar 12000 tahun yang lalu.

Fosil manusia pertama dan jejak jejak arkeologi menunjukkan bahwa tulang dan peralatan seperti jejak kaki ditinggalkan oleh manusia pertama. Pada dasarnya temuan ini terkubur jauh di dalam tanah yang harus digali per meter meter dengan mempelajari bukti ini maka para arkeolog dapat mengerti Bagaimana manusia pertama menggunakan peralatan dan hidup di dalam lingkungannya.

Evolusi sendiri tidak merubah individual manusia tetapi merubah populasi secara keseluruhan spesies yang sama akan hidup dalam kelompok spesies yang sama spesies yang berbeda akan hidup dengan spesies kelompok yang berbeda juga Kemudian dari sana terjadilah perkawinan silang yang semakin merumitkan penelitian dan orisinalitas manusia.

Menurut britannica dan ensiklopedia yang terpercaya silsilah manusia yang paling pertama berasal dari australopithecus africanus kemudian dilanjutkan dengan homo habilis yang postur tubuhnya lebih pendek dibandingkan generasi sebelumnya. Setelah itu homo habilis berevolusi menjadi Homo Erectus yang memiliki postur paling tinggi dan paling besar di antara semua spesies manusia purba awalnya. Setelah itu Anda akan menemukan homo neanderthalensis yang memiliki waktu yang lebih mungil lagi dibandingkan versi sebelumnya. Dan pada akhirnya dilanjutkan dengan Homo sapiens yang kita tahu sekarang ini.

Kalau dilihat dari postur tubuhnya Australiprotectus afrikaans memiliki postur yang sedang. Homo habilis Faktor yang paling kecil dan pendek Homo Erectus adalah yang paling tinggi dan besar. Sedangkan homo neanderthalensis yang masih lebih kecil dari Homo Erectus tapi masih lebih tinggi daripada Australpothecus africansis. Beruntungnya homo sapiens memiliki postur yang cukup ideal dengan postur hampir setinggi Homo Erectus.

Namun semua ini tidak bisa menjadi patokan yang berdasar karean temuan yang disebutkan di awal tadi mengenai perkawinan silang pada spesies ini yang memunculkan lebih banyak lagi spesies orisinalitas manusia semakin kabur untuk diteliti dan ditelusuri lebih jauh dengan teknologi yang ada sekarang ini. Mungkin saja di beberapa tahun kedepan atau beberapa dekade lagi ada teknologi yang lebih maju lagi untuk menganalisa kesimpangsiuran orisinalitas spesies manusia ini. Kami harap dengan artikel tulisan ini bisa memberikan Anda sedikit informasi yang bisa membantu Memberikan manfaat bagi rasa penasaran dan keingintahuan anda. Terima kasih telah mengikuti tulisan ini sampai jumpa di kesempatan berikutnya.