sejarah perfilman

Histori Jejak Perfilman Dunia Dan Indonesia

Walau tidak memiliki hobby menonton film, Tentunya semua orang pasti karena menonton maupun menikmati film. Sebagai salah satu bentuk hiburan yang menyenangkan bagi banyak orang dengan berbagai genre film di dalamnya seperti aksi laga fantasi romantisme ramah keluarga dan lain-lain, tentunya film karena membuka seseorang dalam suatu waktu. Tapi Tahukah Anda bahwasannya Bagaimana pertama kali ditemukan dan industri film mulai bergerak maju dan memunculkan sejumlah sejumlah pembuat film beserta dengan artis dan beserta karakternya. Ditambah lagi pada tanggal 28 Desember ini adalah hari memperingati film perdana yang diputar pertama kali di dunia. Untuk itu tidak ada salahnya kita coba melihat sekilas sejarah Perfilman di dunia dan juga di Indonesia kira-kira apa yang Mencetuskan terbentuknya film pertama kali dan berkembangnya hingga sekarang.

Di tanggal 28 Desember tepatnya pada tahun 1895 seorang bernama Charlie Antoine Lumire untuk yang pertama kalinya ia melayangkan 10 film dengan durasi pendek yang merupakan yang kedua yaitu Louis dan Auguste. Film ini diputar di du grand caf pada area boulevard capucines. Di antara semua film yang diputar pada hari itu sebuah film pendek yang berjudul Sorite de l’usine lumire de lyon yang berarti pegawai yang pulang dari pabrik lumire lyon. Yang berhasil membuka mata para penonton tentang bagaimana film bisa menjadi potensi hiburan yang bercita rasa seni tinggi.

Sejak kesuksesan di hari itu maka tonggak sejarha perfilamn di dunia dimulai dan membuat kedua bersaudara ini melakukan keliling dunia untuk memperkenalkan karya-karya mereka. Langkah yang dilakukan oleh kedua bersaudara dari Perancis yang kemudian lah memberikan inspirasi inspirasi kepada para pemerhati di masa itu sehingga bisnis film bisa dibilang dimulai pertama kali pada tahun 1905. Semenjak itu perkembangan industri film dengan pesat dengan diproduksinya ribuan karya film di setiap tahunnya dan muncul berbagai film yang terkenal di dunia dan mereka mulai berlomba-lomba untuk membuat film terbaik versi mereka. Bila dibandingkan dengan zaman sekarang Maka sudah ada ratusan festival dan acara penghargaan Anugerah film tahunan yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Sebut saja industri Hollywood, bollywood, Eropa Asia dan Afrika semuanya memiliki pangsa pasar tersendiri.

Seperti yang diketahui bahwasanya berkah kedua bersaudara lumire ini lah yang kemudian membuat industri Perfilman di seluruh dunia begitu maju dan modern seperti sekarang. Entah berapa banyak sudah aktor dan aktris beserta para jajaran produksi film yang telah membuat film dan menyerap banyak mentahan lapangan pekerjaan dan merangsang pertumbuhan ekonomi. Film adalah salah satu penemuan yang sangat berkesan.

Indonesia sendiri perfilm-an dimulai cukup awal yaitu di tahun 1900 pada tanggal 5 Desember di bioskop pertama di Indonesia terbangun di daerah tanahabang kota Batavia yang menayangkan film bisu pertama. Sedangkan untuk pembuatan film yang dilakukan di Indonesia sendiri yang juga merupakan film bisu terjadi 26 tahun kemudian di mana judul ini disebut Loetung Kasaroeng yang disutradarai oleh warga negara Belanda yaitu G. Kruger dn L Heuveldorp. Film ini muncul pertama kalinya di kota Bandung yang ditayangkan di teater elite dan majestic pada tanggal 31 Desember tahun 1926.

Setelah itu maka di tahun 1928 muncul sebuah film yang berjudul Lily Van Java yang disutradarai oleh Nelson Wong yang berasal dari Industri film di Shanghai. Setelah kesuksesan akan film ini, maka kedua bersaudara dari Nelson yaitu Joshua dan otniel menyusul ke Indonesia dan mereka Mendirikan perusahaan film yang disebut halimoen film.

3 tahun kemudian para pembuat film lokal mulai menunjukkan taringnya yaitu dimana film perdana yang dibuat oleh orang Indonesia berjudul Boenga Roos dari Tcikembang pada tahun 1931. Walaupun film ini dinilai masih sangat jelek dan buruk kualitasnya.. Di tahun yang sama juga halimoen film produksi film yang berbicara untuk pertama kalinya yaitu Indonesia Malaise. Yang kemudian dilanjutkan dengan sebuah film yang menuai sukses di tahun 1934 dan meningkatkan gairah penonton Indonesia untuk menyambut film-film dengan lebih serius lagi yaitu film berjudul terang boelan.

Periode tahun 1942 hingga 1949 produksi film Indonesia tempat menurut di mana Panda yang ini film-film yang dibuahi ini lebih merupakan propaganda dari Jepang. Dari pasang korek inilah muncul toko persilangan yang dikenal dengan nama usmar Ismail yang dikenal sebagai Bapak Pandu Indonesia. Usmar Ismail membuat film berjudul Darah dan Doa atau dalam judul lainnya Long March Siliwangi yang kemudian dikenal sebagai film pertama yang memiliki ciri Indonesia. Usmar Ismail juga Mendirikan perusahaan di Indonesia yang pertama yaitu perfini atau  perusahaan film nasional Indonesia. Di tahun 1961 juga diluncurkan bioskop pertama di Indonesia yang sangat megah dan besar di waktu itu yang diberikan nama bioskop metropole.

Itulah tadi sekilas sejarah perfilman yang terjadi di dunia dan di Indonesia, semoga tulisan ini bisa memberikan Anda tambahan wawasan dan informasi yang bermanfaat terima kasih