pentingnya sejarah

Alasan Sejarah Penting Untuk Di Pelajari

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang masa lalu, pencarian fakta dan pelajaran-pelajaran sudah di masa lalu ini didapatkan melalui penyelidikan dan pembelajaran dari kejadian-kejadian maut saksi-saksi beserta bukti-bukti yang ditemukan. Bukti-bukti ini bisa berupa dengan relief maupun dokumen-dokumen ataupun penemuan-penemuan akan rangka objek material lain sebagainya.

Sejarah juga merupakan bagian dari disiplin akademik yang untuk mendeskripsikan, meneliti, menanyakan, dan menganalisa akan hal-hal yang terjadi pada masa lalu. Tujuannya adalah mendapatkan pengertian dan fakta akan sebuah kejadian.

Pentingnya mempelajari sejarah bukanlah hal yang mudah, karena pada dasarnya sejarah tidak hanya mendengarkan atau mencari informasi-informasi atau cerita-cerita yang menarik, tetapi cakupan dan lingkupan dari ilmu sejarah sangatlah luas, dimana setiap bidang pasti memiliki sejarahnya dan seorang sejarawan biasanya memiliki spesialisasi akan bidang-bidang sejarah yang ia kuasai. Adalah mustahil seseorang bisa mengetahui dan mempelajari sejarah sejarah bidang-bidang lainnya secara keseluruhan dan mendetail.

Sejarah yang begitu Kompleks ini meliputi sejarah nenek moyang, Sejarah mengenai Atlantis, sejarah mengenai seni, sejarah kontemporer, sejarah mengenai budaya,  sejarah Kelautan, sejarah intelektual, sejarah ekonomi, sejarah digital, sejarah militer, sejarah modern, sejarah tulisan, sejarah sosial, sejarah dunia, dan masih banyak sejarah-sejarah lainnya yang tidak bisa kami Sebutkan satu persatu. Dari cabang-cabang yang tersebut di atas, maka pendalaman materi dan sejarah tersebut akan lebih mendalam lagi

jika anda menelusuri pengertian sejarah dari kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia maka secara umum, sejarah dapat dikatakan sebagai sebuah kejadian yang yang berlangsung pada masa lalu dan disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan yang ada. Sehingga pada dasarnya sejarah itu mencakup 6 Pertanyaan yang perlu dijelaskan dengan rinci ya itu apa, yang merujuk pada peristiwa apakah yang terjadi di masa lalu.

Pertanyaan yang keduanya biasanya merujuk kepada Kapan peristiwa tersebut terjadi, dan dilanjutkan dengan sebuah pertanyaan lainnya yaitu dimana tempat terjadinya peristiwa sejarah tersebut, dan Pertanyaan selanjutnya adalah pencarian akan sebab akibat Mengapa peristiwa tersebut terjadi, yang tentunya akan memimpin kita ke pertanyaan kelima yaitu Siapakah saja yang terlibat di dalam kejadian sejarah yang dimaksud. Dan yang terakhir adalah bagaimana peristiwa tersebut berjalan dari awal hingga berakhirnya kejadian tersebut mulai dari proses dan detail-detail yang ada.

Lalu apa pentingnya dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari belajar sejarah, secara sederhana sejarah cukup penting untuk dipelajari karena akan memberikan pengajaran pengalaman kebajikan maupun keburukan dari kehidupan manusia. Dari kajian di masa lalu lah generasi di masa sekarang bisa mengetahui apa yang telah terjadi di masa lampau dan menggunakannya sebagai patokan untuk melakukan hal-hal di generasi sekarang demi kehidupan masa depan yang lebih baik. Seorang visioner yang baik biasanya juga merupakan seorang murid sejarah yang baik.

Bapak presiden Republik Indonesia yang pertama Insinyur Soekarno juga pernah mengatakan bahwasanya Bangsa yang besar adalah bangsa yang mempelajari sejarah. Bila seseorang tidak mempelajari sejarah tentunya ini sama seperti tidak mengenali asal usul dari manusia itu sendiri dan melupakan apa yang menjadi asas dan fundamental dari sebuah peradaban.

Kisah dari kejadian di masa lampau dan siapa saja manusia-manusia yang terlibat didalamnya beserta beragam proses terjadinya sejarah itulah yang akan menjadi pondasi pembelajaran manusia di generasi selanjutnya. Apa yang kita lakukan sekarang dan hari ini juga akan menjadi sebuah sejarah bagi masa depan kita.

Hal ini sangatlah berkaitan erat karena tiga masa dalam setiap peradaban manusia yaitu masa lampau, masa sekarang dan masa depan. Ketiga masa inilah yang akan saling menyatu satu sama lain di mana Apa yang terjadi di masa lampau akan mempengaruhi kehidupan sekarang, dan apa yang terjadi di masa sekarang akan mempengaruhi Apa yang akan terjadi di masa depan. Maka dari itu fungsi dari pelajaran sejarah adalah untuk tidak berleha-leha kepada masa lalu tetapi mempelajari masa lalu untuk menjadikan pembelajaran dimasa sekarang Sehingga masa depan yang lebih indah daripada sejarah di masa lalu akan bisa dibangun dan diciptakan.

Manusia bisa mempelajari Apa saja kelemahan kelemahan yang dimiliki di masa lampau tersebut sebagai contohnya. Anggap saja pada masa penjajahan Belanda maupun Jepang di masa lampau itu dari pembelajaran sejarah kita bisa mempelajari apa yang menyebabkan Belanda dan Jepang menjajah Indonesia. Dari sana kita bisa melihat juga bagaimana perlawanan-perlawanan yang diberikan oleh para pahlawan di masa itu dan bagaimana berakhirnya penjajahan tersebut. Nah Dengan demikian, maka generasi sekarang bisa mempelajari dan mengantisipasi untuk terjadinya kejadian-kejadian lampau yang kurang mengenakkan agar tidak terjadi lagi dimasa mendatang.

Sebaliknya sejarah-sejarah yang mengenai kemegahan dan kemewahan serta kesuksesan yang diraih di masa lampau bisa ditiru dikembangkan untuk menciptakan masa sekarang yang lebih baik lagi dan juga masa depan yang yang dilandasi dengan pembelajaran-pembelajaran serta bukti yang konkrit.